Bertumbuh - Kehidupan Memaksaku Untuk Bertumbuh

Bertumbuh,
Setiap orang mempunyai jalan cerita kehidupan masing-masing, ada fase di mana ia jatuh lalu bangkit kembali.
Kehidupan yang selalu mengajarkan kita banyak hal, seperti ketika gagal dalam pendidikan, percintaan tapi selalu ada cara buat membangun kembali.

Banyak hikmah yang di dapat setelah kegagalan itu yang memaksa kita untuk bertumbuh, layaknya tanaman kita manusia tidak hanya hidup tapi bertumbuh. Kegagalan yang memberikan efek luar biasa ketika aku gagal dalam pendidikan dan percintaan, iya aku gagal tapi bukan berarti aku kalah dan berakhir sampai disini.
Hidup aku memang tak seberuntung teman-teman sebaya ku yang mungkin sudah mencapai puncak nya seperti ada yang karir nya yang sudah melesat, menjadi sarjana, mempunyai kehidupan baru 'menikah' lalu bahagia dengan keluarga kecil nya dan lain-lain. Tunggu, ini bukan aku yang sekarang yang suka membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan ku karna aku sadar itu semua cuma membuat aku insecure lalu takut melangkah. Dan aku selalu percaya bahwa tiap manusia mempunyai kehidupan berbeda dan Allah sudah menentukan itu semua atas usaha kita.
Langkah demi langkah sedang kujalani, perlahan aku kembali merajut target-targetku lalu merawat nya dengan baik penuh keikhlasan untuk mencapai cita-cita dan tujuan ku. Lalu aku sadar akan tanggung jawab terbesar ku atas pilihan ini, komitmen ku yang sudah ku pegang untuk aku jalani "aku tidak ingin kembali mengecewakan orang tua ku dan orang-orang yang menyayangiku"-ucapku.
Begitulah ucapaan yang selalu aku tanamankan tiap kali aku merasa lelah, ingin menyerah. Mungkin wajar tapi aku tahu itu tidak seharusnya aku lakukan karna ini kesempatan yang tidak mungkin bisa datang ke dua kali nya apa lagi aku pernah gagal.
Tugasku sekarang harus bisa mencapai target-targetku dan mematahkan persepsi orang lain tentang ku, dengan bantuan support system ku (orangtua, keluarga) dan mereka yang selalu ada buat aku.

Buat yang merasa sedang gagal dan pernah gagal dalam hal apapun jangan patah semangat. Kamu harus bisa melangkah lebih jauh lagi, yakin kita bisa!

Komentar

Postingan Populer